Soerabaya Tempo Doeloe
Surabaya, sebagai ibu kota Jawa Timur yang dijuluki Kota Pahlawan pastinya mempunyai banyak kenangan, entah itu manis atau pahit. Pasti banyak pahitnya, jelaslah dulu kan Indonesia masih berjuang mendapatkan kemerdekaannya ditangan penjajah. Melihat dari sejarahnya, kita sebagai "arek - arek Suroboyo" seharusnya bangga. Berikut sejarah berdirinya Kota Surabaya :

Sejarah Berdirinya Surabaya

Surabaya resmi berdiri pada tanggal 31 Mei 1293. Tanggal tersebut diambil karena kemenangan pasukan Mojopahit yang dipimpin oleh Raden Wijaya melawan pasukan Mongol yang diutus oleh Kubilai Khan. Kota Surabaya mempunyai peranan yang sangat penting sebagai kota pelabuhan. Kota Surabaya juga sangat berkaitan dengan revolusi Kemerdekaan Republik Indonesia. Sejak penjajahan Belanda sampai Jepang, arek - arek Suroboyo bertempur habis - habisan demi merebut kemerdekaan Indonesia.

Pada tanggal 10 November 1945, arek - arek Suroboyo berhasil menduduki Hotel Oranye/sekarang bernama Hotel Mojopahit yang saat itu menjadi simbol kolonialisme Belanda. Maka setiap tanggal 10 November, Indonesia memperingatinya sebagai hari Pahlawan.

Bukti sejarah menunjukkan bahwa Surabaya sudah ada jauh sebelum zaman kolonial, seperti yang tercantum dalam prasasti Trowulan I berangka tahun 1358 M. Dalam prasasti tersebut terungkap bahwa Surabaya merupakan desa ditepian sungai Berantas sebagai salah satu tempat penyeberangan penting disepanjang sungai tersebut. Para ahli menduga bahwa Surabaya sudah ada sebelum tahun - tahun tersebut.

Tentang simbol kota Surabaya yang berupa ikan Sura dan Buaya terdapat banyak sekali cerita. Salah satu yang terkenal tentang pertarungan ikan Sura dan Buaya diceritakan oleh LCR. Breeman seorang pimpinan Nutspaarbank di Surabaya pada tahun 1918. Masih banyak cerita lain tentang makna dan semangat arek - arek Suroboyo. Semuanya mengilhami pembuatan lambang Kota Surabaya.
Kategori : | edit post
0 Responses

Posting Komentar

Contact Me !!!


Your Name
Your Email Address
Subject
Message
Image Verification
Please enter the text from the image
[ Refresh Image ] [ What's This? ]

  • Support By :

    Your pictures and fotos in a slideshow on MySpace, eBay, Facebook or your website!view all pictures of this slideshow

    Obrolan Kita


    ShoutMix chat widget

    Pengikut

    Pengunjung