Monumen Bersejarah . . . . !
Banyak sekali monumen - monumen bersejarah yang ada di Surabaya kota kita ini, pastinya setiap monumen mempunyai nilai seni yang sangat membanggakan bagi arek - arek Suroboyo.

Patung Sura dan Baya



Patung Sura dan Buaya adalah sebuah patung yang merupakan icon Kota Surabaya. Patung ini berada di depan Kebun Binatang Surabaya. Patung ini terdiri atas dua hewan ini yang menjadi inspirasi nama kota Surabaya yaitu ikan Sura dan Buaya.


Tugu Pahlawan



Monumen yang terkenal dengan tragedi pada tanggal 10 November 1945 ini membuat Surabaya terkenal sebagai kota Pahlawan. Itu merupakan salah satu alasan mengapa Tugu Pahlawan dibangun. Walaupun banyak patung-patung pahlawan dan monumen lainnya di Surabaya, yang satu ini paling penting. Kalau dilihat - lihat oleh orang awam, Tugu Pahlawan terlihat seperti pensil raksasa setinggi 45 meter dan memiliki sisi sebanyak 10 bidang yang bertempat di Taman Kebonrojo(tengah - tengah kota Surabaya) berseberangan dengan Kantor Gubernur Jawa Timur di Jl. Pahlawan.
Tugu Pahlawan bukanlah suatu benda seni atau mungkin dekorasi, bukan pula sesuatu yang istimewa, akan tetapi dirancang dengan arsitektur yang sederhana namun kokoh. Monumen ini menjadi pusat perhatian setiap tanggal 10 November. Dimana pada tahun 1945 banyak pahlawan yang gugur dalam perang kemerdekaan saat itu.


Monumen Bambu Runcing



Monumen ini juga tidak kalah pentingnya dengan monumen tugu pahlawan, monumen ini melambangkan semangat arek - arek soerabaja pada saat melawan penjajah belanda dengan senjata yang masih kuno sekali, yaitu sebilah bambu yang ujungnya dibentuk runcing bagai sebilah tombak. Walaupun cuma bambu saja itu tidak membuat para pejuang patah semangat, buktinya meraka mampu mengusir penjajah dari tanah air kita ini.



Monumen Kapal Selam



Monumen yang disingkat Monkasel ini adalah sebuah museum kapal selam yang terletak di pusat kota, monumen ini sebenarnya merupakan kapal selam KRI Pasopati 410. Kapal selam ini pernah dilibatkan dalam Pertempuran Laut Aru untuk membebaskan Irian Barat dari pendudukan Belanda. Kapal Selam ini kemudian dibawa ke darat dan dijadikan monumen untuk memperingati keberanian pahlawan Indonesia. Monumen ini berada di Jalan Pemuda, tepat di sebelah Plasa Surabaya(Delta Plasa). Selain itu di tempat ini juga terdapat sebuah pemutaran film , dimana di tampilkan proses peperangan yang terjadi di Laut Aru.




Monumen Jenderal Soedirman


Patung besar Jenderal Soedirman terletak di Jl. Yos Sudarso. Jenderal Sudirman adalah seorang pemimpin militer pada masa perang (1945-1949) dan pengabdiannya pada negara membangkitkan kenangan di seluruh negeri. Oleh karena itu hampir di seluruh kota di Indonesia ada nama Jalan Jenderal Soedirman.



Monumen Wira Surya



Monumen Wira Surya didirikan dengan tujuan untuk menghormati pejuang Surabaya yang berusaha menahan tentara Sekutu di bawah pimpinan Brig. Jenderal Mallaby pada tanggal 28 - 30 Oktober 1945. Monumen ini bertempat disekitar Jembatan dan Kebun Binatang terjadi pertempuran antara pejuang Surabaya yang berusaha menahan tentara Sekutu di bawah pimpinan Brig. Jendral Mallaby hingga mengakibatkan banyak pejuang Indonesia yang gugur.
Kategori : , | edit post
0 Responses

Posting Komentar

Contact Me !!!


Your Name
Your Email Address
Subject
Message
Image Verification
Please enter the text from the image
[ Refresh Image ] [ What's This? ]

  • Support By :

    Your pictures and fotos in a slideshow on MySpace, eBay, Facebook or your website!view all pictures of this slideshow

    Obrolan Kita


    ShoutMix chat widget

    Pengikut

    Pengunjung